SUZUKI IGNIS
Gambar Interior Ignis
Gambar Eksterior Ignis
Eksterior
Desain eksterior akan menjadi kunci kekuatan Ignis untuk menggaet pembeli dari kalangan muda. Dimensi kompak Ignis disiasati ground clearance setinggi 180 mm agar tampil ala crossover. Sehingga Suzuki menekankan bahwa Ignis bukanlah city car biasa, melainkan urban SUV. Wajah depan cukup atraktif dengan grille ekstra besar yang seolah melahap headlamp. Desain serba mengotak namun tetap dinamis, untuk mencirikan ketangguhan sebuah SUV. Ciri khas lainnya dapat dilihat dari over fender plastik hitam yang mengelilingi spakbor di tipe GX.
Sementara tampilan belakang sangat terinpirasi bokong Suzuki Fronte Coupe yang merupakan nenek moyang dari Suzuki Alto. Bagian ini tampaknya bukan selera semua orang karena terkesan kuno. Namun aliran berubah menjadi retro untuk menghadirkan sisi atraktif dan mengundang komentar. Desain interior juga tampil unik dan menarik. Terutama dari desain tombol-tombol di center stack, pusat infotainment, dan panel-panel yang sewarna bodi. Ya, warna didominasi hitam dan ivory, namun diselingi warna bodi eksterior di konsol tengah dan pintu. Melihat dimensinya yang kompak, tentu pesimis kabin akan terasa lapang. Ternyata tidak, legroom dan headroom masih tersisa cukup banyak untuk pengemudi dan penumpang setinggi lebih dari 180 cm.
Tapi yang paing menyenangkan adalah, bentuk IGnis ini enak untuk dimodifikasi. Coba saja lihat di laman media sosial, banyak pengguna Ignis yang melakukan sentuhan modifiakasi dan hasilnya enak dilihat.
Mesin & Konsumsi BBM
Suzuki Ignis mengusung mesin dengan kode K12M yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari mesin K12B seperti terdapat di Suzuki Splash. Dengan konfigurasi 4-silinder, memiliki getaran lebih halus dibanding mesin 3-silinder Nissan March maupun Mitsubishi Mirage. Tenaga dihasilkan tidaklah terlampau besar, yaitu 83 PS pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm. Jumlah tenaga memang masih kalah jika diadu dengan mesin L12 milik Brio atau mesin 3NR-VE milik Agya dan Ayla terbaru. Namun sangat cukup untuk pemakaian harian di perkotaan yang padat dan tetap efisien.
Pilihan transmisi ada dua yaitu manual 5-kecepatan dan Automated Manual Transmission (AMT) 5-kecepatan yang diberi nama Auto Gear Shift (AGS). Ya, transmisi AGS yang sudah lebih dulu hadir di Suzuki Karimun Wagon R. Pada dasarnya transmisi manual yang diberi modul agar dapat melakukan perpindahan secara otomatis tanpa adanya pedal kopling. Jangan samakan dengan transmisi matik konvensional torque converter. Perlakuannya pun seharusnya sedikit dibedakan untuk mendapat manfaat sesungguhnya dari transmisi model ini.
Yang pasti, mesin ini tergolong irit bahan bakar. Terbukti dari hasil pengujian BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar Ignis mencapai 23,64 km/liter untuk transmisi manual dan 23,44 km/liter untuk transmisi AGS.
Pengereman
Fitur keselamatan dan keamanan menjadi perhatian penting untuk dihadirkan pada Ignis. Sistem pengereman sudah dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Fitur keselamatan pasif seperti Dual SRS Airbag dan sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limiter sudah menjadi kelengkapan standar di semua tipe.
Untuk mencegah dicuri menggunakan kunci duplikat, ada fitur immobilizer yang membuat mesin tak dapat dihidupkan tanpa menggunakan kunci aslinya. Kemudian untuk keselamatan bayi dan balita Anda, jok standar Ignis sudah terintegrasi dengan ISOFIX di bagian belakang.
Tidak ada komentar